HMJ Farmasi
Universitas Muhammadiyah Malang
HMJ Farmasi
Universitas Muhammadiyah Malang

FGD LKMMF 1 ( Apotek Online)

Author : Administrator | Minggu, 12 Maret 2017 15:16 WIB

                Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan akan sesuatu yang serba instan, mudah dan praktis menjadi primadona di khalayak ramai. Banyaknya fasilitas yang menyediakan berbagai pelayanan dari jual beli, jasa hingga kebutuhan komunikasipun semakin berkembang dengan pesatnya. Dengan berkembangya jaringan internet yang semakin memanjakan masyarakat, turut serta memberikan dampak yang mempengaruhi keseimbangan dalam perekenomian dewasa ini. Dampak positif dan negatif mulai dirasakan, ditandai dengan semakin menjamurnya smartphone yang dengan mudahnya mengakses apapun yang dibutuhkan melalui jaringan internet. Dengan perkembangan teknologi ini juga ikut eksis dalam dunia kesehatan terutama kefarmasian. Banyaknya manfaat dari jaringan internet dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang jeli membaca peluang usaha untuk menjadikan lahan bisnis yang menguntungkan.

               Contohnya saja Apotek Online, merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia kefarmasian dengan memanfaatkan jaringan internet. Namun seperti yang kebanyakan dirasakan, terdapat efek positif dan negatif dari inovasi ini, setelah dilakukannya kajian terkait isu tersebut, maka banyak pro dan kontra dikalangan mahasiswa terkait adanya Apotek online saat ini. Keresahan yang dirasakan oleh mahasiswa sedikitnya berkurang saat IAI berdasarkan hasil Rakerda-nya menghimbau bahwa masyarakat dianjurkan untuk tidak menggunakan fasilitas yang disediakan Apotek Online.

               Apotek online itu sendiri sampai saat ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat, terutama yang masih belum mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang dapat timbul dari isu tersebut. Bagi masyarakat yang pro terhadap inovasi baru ini umumnya dikarenakan karena kemudahan dan kenyamanan dalam proses transaksi dan pengiriman obat melalui jasa Apotek Online ini dan tidak sedikit yang berpendapat bahwa dengan adanya apotek online masyarat lebih mudah dan praktis untuk membeli obat tanpa harus dating ke Apotek dan bertemu apotekernya secara langsung. Di sisi lain ada pula yang kontra terhadap isu tersebut, diantaranya orang orang yang bergelut di dunia kesehatan, mengetahui dampak negatif dan kecenderungan akan monopoli yang dapat timbul dari adanya Apotek online Serta ketidakamanan dalam proses jual belinya.

*Tabel di bawah berisi kesimpulan Pro dan Kontra Apotek Online

Pro

Kontra

1.       Mendapatkan pelayanan yang praktis

2.       Efisien energy pembeli/pasien

3.       Lebih mudah mendapatkan obat yang dibutuhkan

4.       Melindungi privasi pasien

5.       Meningkatkan persaingan dengan Negara lain yang lebih dulu maju dalam dunia farmasi

6.       Untuk perkembangan dunia farmasi lebih modern

1.       Selama proses pengiriman dalam waktu tertentu akan mengganggu stabilitas obat

2.       Biaya pengiriman yang tergantung jauhnya tujuan pengiriman

3.       Ketidakpastian siapa yang membeli obat

4.       Kemungkinan penyalahgunaan R/ palsu

5.       Pemilik apotek yang tidak kompeten

6.       Pelayanan Informasi Obat kurang jelas

7.       Memberikan kesempatan untuk oknum yang tidak bertanggung jawab

               Berdasarkan table di atas yang memaparkan kekurangan dan kelebihan apotek online, jika dilihat dari sisi kontra saya pribadi dari kelompok yang membahas isu tersebut menyatakan untuk tidak setuju dengan adanya Apotek Online. Seperti yang kita ketahui dimana apotek online hanya seperti sistem jual beli online shop yang tidak mengedepankan sisi pharmaceutical care yang seharusnya apoteker lakukan. Pasien memilih sendiri apa obat yang dibutuhkan dengan melihat informasi obat yang ada, padahal informasi obat itu terdiri dari indikasi, Efek samping, dosis, Kontra indikasi, pemakaian, penyimpanan dll. Lalu bagaimana pasien yakin, bahwa obat tersebutlah yang benar-benar dibutuhkan, jikalau mereka belum memeriksakan diri dan didiagnosis oleh dokter dan Juga sistem peresepan obat yang hanya dengan mengirim foto resep  obat dan dikirim kepada admin pengelola layanan apotek online, hal ini tentu sangat meresahkan apoteker akan adanya kemungkinan penyalahgunaan resep obat tertentu. Karena apoteker tidak tahu pasti siapa yang mengirim dan apakah benar resep tersebut ditujukan untuk pasien dengan keluhan yang benar juga. Ini adalah beberapa kemungkinan yang dapat terjadi dari adanya apotek online dan mungkin akan bertambah buruk di masa mendatang apabila apotek online ini benar benar direalisasikan.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image